Jumat, 11 November 2011

Kisah seorang Perantau











 NAMA :  MARETWO
TTL : BUKIT TINGGI, 02 MARET 1983
PENDIDIKAN TERAKHIR : S-1

ALAMAT SEKARANG : JL. BUMI PRATAMA 2 BLOG L5 KOM BUMI HARAPAN PERMAI
AGAMA ; ISLAM

1. Dari kota atau daerah mana anda berasal?
Jawab :  Bukit Tinggi , padang (Sumatra barat)

2.Sejak kapan anda meninggalkan kampung halaman (merantau)?
Dan mengapa anda meninggalkan kampung halaman?
Jawab: pada tahun 2001 saya ingn mendapatkan pendidikan dan kesejahteraan yang lebih baik  juga ingin membahagiakan orang tua juga,dan  Saya juga ingin menjadi orang sukses biar kehidupan di masa depan lebih terjamin.

3.Selain alasan yang tadi anda kemukakan, adakah alasan yang paling mendasar untuk meninggalkan kampung halaman anda?
Jawab: alasannya yaitu kultur kebudayaan di daerah dimana anak laki-laki harus merantau atau meninggalkan kampung untuk mencari yang lebih baik dan di kota juga sumber penghidupan terjamin.

4.Di kota manakah pertama kali anda menginjakan kaki setelah anda meninggalkan kampung halaman (merantau) dan apa kegiatan pertama di tempat tersebut?
a.       Jika sekolah, sekolah dimana dan ceritakan kejadian yang paling berkesan
b.      Jika bekerja, anda bekerja dimana, dan mengapa anda memilih pekerjaan tersebut
Jawab: saya pertama menginjakan kaki di Jakarta untuk kuliah sambil bekerja. Saya sekolah di STIE INDONESIA, dan kejadian yang paling berkesan adalah  Pada saat kecopetan di sebuah bus kota yang jumlah pencopetnya lebih dari  5 orang dan terhempas dari bus kota, dan saya berusaha mengejar pencopet itu.
                Saya bekerja di home industry sepatu dan saya mendapatkan ilmu yang bermanfaat tentang home industry khususnya penjualan sepatu dari awal pembelian bahan baku, hingga proses penjualan.

5.Setelah sekian lama anda berada di daerah rantau, adakah perbedaan-perbedaan kebudayaan, kebiasaan ddan bermasyarakat antara kampung halaman dengan daerah yang anda pilih sekarang?
Jawab: ada masih kurangnya sosialisasi dan kerjasama antar sesame yang tidak didapatkan dari rasa di kampung halaman dan kurangnya kesadaran akan pentingnya kebersihan dan kesehatan dari masyaraakat sekitar.

6.Apakah visi dan misi pada bagian hidup anda?
Jawab: visi dan misi saya ingin menjadi manusia yang berguna baik untuk keluarga masyarakat dan Negara, seta ingin selalu menimba ilmu setinggi-tingginya tanpa  mengenal  ulah baik ilmu yang di dapat dari  bangku sekolah / (pendidikan formal) maupun dari luar masyarakat.

7. apakah sumberdaya disini melebihi dari daerah asal anda?
Jawab:  iya, karena ruang lingkup dan pendidikan serta pengalaman orang-orang  disini lebih maju , dan pola pikir mereka berkompeten tapi ini di karenakan pendidikan yang di dapat lebih dari pada di kampung halaman yang rata-rata hanya mengenyam bangku sekolah dasar.
                                           
8.Kenapa anda memilih tempat disini (rantau)?  Apakah memeng  sengja
Jawab: karena di ibu kota sudah pasti  daerahnya lebih maju di bandingkan  daerah-daerah lain dan fasilitas lebih lengkap. Dan juga banyak orang yang merantau di daerah Jakarta menjadii sukses.


1 komentar:

  1. OK..SETIAP KITA DI HADAPKAN DENGAN PERISTIWA APAPUN, PANDANGLAH SEMUA ITU DAN TANGGAPILAH DENGAN PENUH KEYAKINAN KARENA ITU SEMUA TUHAN SEDANG BERKEHENDAK..

    FURUHITHO

    BalasHapus